close
[Terimakasih atas kunjungannya ya]

Senin, 03 April 2017

PERALATAN KESELAMATAN KERJA DI KAPAL (PPE)



Keselamatn kerja adalah prioritas paling utama bagi pelaut profesional saat kerja diatas kapal. Semuanya perusahaan pelayaran meyakinkan kalau crew mereka ikuti prosedur keamanan pribadi dan ketentuan semuanya operasi yang dibawa di atas kapal.

Untuk meraih keamanan optimal di kapal, langkah basic meyakinkan kalau semuanya crew kapal menggunakan perlengkapan pelindung pribadi mereka di buat untuk beragam jenis jenis pekerjaan yang yang dikerjakan pada kapal.

Di bawah ini yaitu peraalatan basic perlengkapan pelindung diri yang perlu ada di satu kapal untuk menanggung keselamatan beberapa pekerja.

1. PAKAIAN PELINDUNG
Baju pelindung yaitu COVERALL yang melindungi badan anggota awak berbahan beresiko seperti minyak panas, air, percikan pengelasan Dan lain-lain hal semacam ini di kenal sebagai 'Dangri' or 'Boiler Suit'

2. HELMET
Bagian yang paling penting bagi badan manusia yaitu kepala. Butuh perlindungan paling baik yang siapkan oleh helm plastik keras diatas kapal. Satu tali dagu juga disediakan dengan helm yang melindungi helm ditempat saat ada perjalanan atau jatuh.

3. SAFETY SHOES
Maksimum dari ruangan internal kapal dipakai oleh kargo dan mesin, yang terbuat dari logam keras yang membuatnya canggung untuk awak untuk jalan di sekitaran. sepatu safety yaitu meyakinkan kalau tak ada luka yang berlangsung di kaki beberapa pekerja atau crew diatas kapal.

4. SARUNG TANGAN (HAND SAFETY)
Beragam jenis sarung tangan yang disiapkan di kapal, sarung tangan ini dipakai dalam operasi di mana hal semacam ini jadi kewajiban membuat perlindungan tangan beberapa orang. Sebagian sarung tangan yang didapatkan sarung tangan tahan panas, untuk bekerja di permukaan yang panas, sarung tangan kapas, untuk operasi pekerjaan yang normal, sarung tangan las, sarung tangan kimia, dan lain-lain.

5. GOOGLES
Mata yaitu bagian yang paling peka dari badan manusia dan pada oprasi keseharian ada besar kemungkinan untuk cedera mata, kaca pelindung atau kacamata yang dingunakan untuk perlindungan mata, sedang kacamata las dipakai untuk operasi pengelasan yang melindungi mata dari percikan intensitas tinggi.

6. PLUG
Di ruangan mesin kapal membuahkan nada 110 - 120 db ini adalah frekwensi nada yang begitu tinggi untuk telinga manusia, bahkan juga dalam sebagian menit bisa mengakibatkan sakit kepala, iritasi dan masalah pendengaran. Satu penutup telinga atau stiker telinga dipakai pada kapal untuk menyeimbangi nada yang bisa di dengar oleh manusia dengan aman.

7. SAFETY HARNESS
Operasi kapal teratur meliputi perbaiakan dan pengecetan permukaan yang tinggi yang membutuhkan anggota crew untuk mencapai beberapa daerah yg tidak gampang di akses. Safety harness yaitu di pakai oleh operator di satu ujung dan di ikat pada titik kuat pada ujung talinya.

8. MASKER
Kan karbon yang melibatkan partikel beresiko dan menor yang beresiko bagi badan manusia jika terhirup segera, untuk hindari masker muka dipakai sebagai perisai dari partikel beresiko.

9. CHEMIKCL SUIT
Pemakaian bahan kiamia diatas kapal begitu kerap dan sebagian bahan kimia yang begitu beresiko apabila berkontak segera dengan kulit manusia, Chemical suit dipakai untuk hindari kondisi seperti itu.

10. WELDING PERISAI
Welding yaitu aktivitas yang umum diatas kapal untuk perbaikan struktural dan lain-lain. juru las yang diperlengkapi dengan perisai las atau topeng yang melindungi mata dari kontak segera denagn cahaya ultraviolet dari percikan las. hal semacam ini mesti di perhatikan dan baiknya penggunaan Welding sheeld begitu diwajibkan untuk keselamatan pekerja.

Masihlah bayak lagi sebagian perlengkapan keselamatan kerja diatas kapal yg tidak tercatat di artikel, ini cuma beberapa perlengkapan atau PPE yang ada, semuga artikel ini menolong bagi beberapa pelaut terlebih bagi pelaut baru

Apakah artikel ini menolong, Silakan tinggalkan komentar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Newsletter