close
[Terimakasih atas kunjungannya ya]

Minggu, 27 November 2016

Awal Mula Kemayoran



Lokasi Kemayoran saat ini mencakup tiga kelurahan, yakni Kelurahan Kemayoran, Kebon Kosong serta Serdang, termasuk juga lokasi Kecamatan Kemayoran, Kotamadya Jakarta Pusat.

Nama Lokasi itu umum dimaksud Mayoran, seperti yang terdaftar dalam Plakaatboek (Van der Chijs XIV : 536), serta satu iklan pada Java Government Gazette 24 Februari 1816.


Isaac de Saint Martin termasuk yang memiliki tanah yang begitu luas menyebar di sebagian tempat, diantaranya di tepi samping timur sungai Bekasi, di Cinere (dulu dimaksud Ci Kanyere) samping timur Sungai Krukut di Tegalangus serta di lokasi Ancol, yang luas semuanya sejumlah beberapa ribu hektar. Nama aslinya, yaitu Isaac de I’ Ostale de Saint Martin, lahir th. 1629 di Oleron, Bearn, Prancis. Lantaran suatu hal sebab ia meninggalkan tanah airnya, serta membaktikan dianya pada VOC. Pada th. 1662 ia terdaftar telah berpangkat Letnan, turut dan dalam peperangan di Cochin. Dengan pangkat mayor ia ikut serta dalam peperangan di Jawa Tengah serta Jawa Timur, saat Kompeni “membantu” Mataram hadapi Pangeran Trunojoyo. Pada bln. Maret 1682 ia, berbarengan Kapten Tack, ditugaskan untuk “ membantu” Sultan Haji hadapi ayahnya Sultan Ageng Tirtayasa. Pada saat berlangsungnya perang itu, ia mulai terasa tidak suka pada Kapten Jonker, yang dia anggap arogan. Sekianlah, sesudah perang itu usai, dengan beragam langkah ia berupaya supaya Jonker dikucilkan. Serta nyatanya usahanya sukses. Lantaran terasa dikucilkan, Jonker pada akhirnya bangkit melawan Kompeni, walupun tidak berhasil. banyak agen travel bermunculan untuk sekarang ini, namun untuk menemukan agen travel yang bagus dan berkualitas tidak mudah. saran dari kami anda menggunakan jasa dari jakarta tour guides karena komunitas ini benar-benar gratis dalam menemani anda berkeliling jakarta.

Sekianlah, sepintas mengenai tokoh yang pangkatnya kekal menempel pada lokasi yang beberapa jadi lapangan terbang, serta lalu jadikan arena Minggu Raya Jakarta.

Krukut

Adalah nama kampung yang sekalian juga nama kelurahan di kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Kampung Krukut terdapat di antara 2 x, yakni kali Ciliwung, serta kali Cideng. Batas – batas kampung Krukut yaitu :

Samping Timur Jl. Gajah Mada serta sungai Ciliwung

Samping Selatan Kelurahan Petojo

Samping Barat : Kali krukut (Kali Cideng)

Samping Utara Jl. Kerajinan serta Kelurahan Keagungan.

Asal – usul nama kampung Krukut memiliki sebagian versus salah satunya yaitu :

1. Krukut datang dari sindiran yang di berikanlah untuk orang yang hidupnya begitu irit dengan kata lain pelit (Krokot). Orang Betawi menyebutkan orang – orang Arab yang banyak tinggal dikampung itu dengan arti Krukut, dengan mengubah kata Krokot jadi krukut.
2. Krukut datang dari kata kerkhof (bhs Belanda) yang bermakna kuburan. Pada saat lantas kampung itu adalah tempat kuburan orang-orang pribumi (orang Betawi).

Lantaran tempat kampung yang dekat dengan kota serta pelabuhan Sunda Kelapa, dan ada 2 x yang disebut jalur perdagangan jadi banyak pedagang dari Arab yang bermukim di kampungan ini. Pada saat saat ini banyak didapati orang-orang Betawi, keturunan Arab yang menempati kampung ini, hingga ada arti Arab Krukut (keturunan Arab dari Krukut).  bagi anda yang kesulitan menemukan tempat yang bagus untuk dikunjungi di jakarta, anda dapat meminta bantuan dari jakarta local guide yang akan membantu anda berkunjung ke tempat-tempat yang menarik di jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Newsletter