close
[Terimakasih atas kunjungannya ya]

Minggu, 20 November 2016

Cara Melakukan Perawatan Pada Mesin Besar




Pemeliharaan preventif dan secara teratur dijadwalkan sangat penting untuk efisiensi untuk kelangsungan hidup mesin, terlebih mesin-mesin besar. Alat berat memungkinkan industri tradisional untuk beroperasi dalam skala besar. Pertambangan dan pertanian adalah salah satu industri global yang sangat bergantung pada mesin-mesin besar ini. Proses operasional industri itu tidak akan berjalan tanpa penggunaan alat-alat berat.


Manfaat Pemeliharaan

Pemeliharaan preventif mempertahankan nilai peralatan. Melindungi mesin dalam kondisi baik, memperpanjang hidup peralatan dan menjaga operator tetap aman. Selain itu juga menjamin ketersediaan mesin.

Deteksi masalah sejak dini memungkinkan perbaikan yang harus dilakukan sebelum situasi memburuk. Mesin yang tidak perlu dioperasikan secara manual untuk melakukan perbaikan akan menghindari gangguan produksi. Pemeriksaan secara teratur dan analisis dapat digunakan untuk memprediksi dan mencegah kegagalan komponen yang bisa menimbulkan bahaya keamanan dan kerusakan mesin.  Jika anda sering melakukan aktivitas dengan mesin-mesin besar sebaiknya menggunakan alat safety untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti menggunakan sepatus safety atau kacamata safety.

Keamanan

Pemeliharaan yang baik merupakan hal penting untuk keselamatan pekerja. Pemeliharaan terhadap mesin besar dapat sangat beresiko pada faktor keamanan. Hal ini sering dilakukan dalam kontak dekat dengan mesin yang sedang beroperasi. Kondisi ini dapat memberikan efek pada masalah kesehatan, serta faktor human error. Tekanan waktu juga jadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di dekat area penggunaan mesin berat.

Lembaga Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Amerika (OSHA) melaporkan bahwa 15-20% dari semua kecelakaan industri yang fatal terkait dengan operasi pemeliharaan.

Pemeliharaan preventif dan terjadwal dapat mengurangi kemungkinan kerusakan mesin besar dan dengan demikian mengurangi resiko yang dihadapi teknisi atau operator dalam perbaikan di site. Bahkan, kecelakaan ditempat kerja juga dapat berkurang secara signifikan. Berikut 5 tips untuk melakukan pemeliharaan pada mesin besar :

1.      Buat catatan harian pada penggunaan mesin dan awasi operasinya
Penggunaan dan kerusakan yang terjadi pada mesin besar sering diperburuk oleh penanganan yang tidak tepat atau keterampilan yang tidak memadai. Dengan membuat catatan penggunaan mesin dan memantau aktivitas operasionalnya sehari-hari dapat membantu menentukan kapan dan dimana mesin digunakan oleh operator yang trampil. Cara untuk mengawasi operasi mesin yaitu melalui GPS. Perangkat melacak gerakan dan mencatatnya dalam catatan digital, dengan demikian masalah dapat diketahui lebih awal, dan kerusakan dapat dicegah.

2.      Mematuhi jadwal pemeliharaan yang sudah ditentukan
Adanya komponen mesin yang tidak berfungsi maksimal akibat penggunaan memang tidak bisa dihindari. Karenanya, coba ganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat. Dan bagian yang mengurus pergantian ini harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan. Bantalan merupakan kunci dari peralatan mesin berat dan mudah rusak atau angus. Rumah bantalan ini harus secara teratur dipelihara. Log pemeliharaan juga harus disimpan untuk memastikan pemeriksaan rutin dan kepatuhan dapat diukur.


3.      Frekwensi lumasi dan kebersihan
Menggunakan alat berat memerlukan perawatan harian. Beberapa komponen, terlebih bagian yang bergerak dalam mesin, harus sering dilumasi. Komponen lainnya, seperti lift hidrolik dan bantalan, harus dipantau dan dilumasi pada tahap awal dibutuhkan. Kontaminasi dapat mengakibatkan kerusakan mesin. Air merupakan sumber utama korosi dan pelumasan mencegah korosi.

4.      Melakukan pemeriksaan dan pemantauan komponen
Sebuah jadwal pemeliharaan yang direncanakan dapat memprediksi keausan komponen. Pemeriksaan komponen secara visual secara berkesinambungan dapat mencegah kerusakan atau kegagalan pada mesin. Komponen yang harus diganti lebih cepat dan mungkin menandakan masalah yang lebih besar yang perlu didiagnosis. Analisis pelumas juga harus jadi bagian dari jadwal perawatan berkala. Analisis pelumas ini merupakan cara terbaik untuk mendiagnosis masalah dan mencegah mesin dari keausan dan kerusakan.

5.      Melindungi peralatan selama penyimpanan
Mesin besar harus disimpan dibawah penutup dimanapun yang memungkinkan. Mesin motor, turbin, mixer dan peralatan lainnya harus dirotasi sesering mungkin. Cek karat mesin yang sedang idle, kondensasi dan kontaminasi. Janganlah lupa untuk periksa semua pelumas.

sebagai referensi untuk anda yang sedang mencari perbandingan bahan bakar yang bagus untuk kendaraan anda sebaiknya menggunakan  pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan karena pertamina ini sudagh teruji bagus untuk di gunakan semua kendaraan baik itu motor maupun mobil. semoga bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Newsletter